Perusahaan

Sejarah

 

PDAM Kabupaten Serang dalam usahanya mengembangkan pelayanan air minum, telah melakukan kerjasama kemitraan dengan pihak swasta. Untuk wilayah Serang Timur, telah ditunjuk PT. Sarana Catur Tirta Kelola (PT. SCTK) untuk pemegang konsesi penyediaan air minum untuk Serang Timur kapasitas 2100 L/detik, sesuai dengan perjanjian konsesi pada tanggal 13 November 1993.

Pada tahun 1995, berdasarkan perjanjian pentahapan pelaksanaan pekerjaan, tanggal 29 November 1995, SCTK melimpahkan pembangunan, pelaksanaan dan pengelolaan system penyediaan air minum dengan kapasitas 100 L/detik untuk dilaksanakan oleh PT. Sarana Tirta Rejeki (PT. STR). PT. STR telah membangun Sistem Penyediaan Air Minum dengan kapasitas 100 L/detik. Wilayah pelayanan eksisting PT. STR saat ini meliputi industri di sepanjang Jl. Raya Serang mulai dari km 67 s/d km 72, dan kawasan industri Modern Cikande dan sebagian kawasan industri Pancatama (wilayah Cikande Tengah). Kapasitas terlayani saat ini belum mencapai 100 L/detik, oleh karena masih cukup banyak industri di wilayah ini masih menggunakan air bawah tanah. Dengan adanya upaya dari pemerintah daerah untuk menertibkan pengambilan air bawah tanah, akan terjadi peningkatan konsumsi air minum, sehingga kapasitas terbangun 100 L/detik saat ini akan terserap hanya untuk memenuhi kebutuhan industri di wilayah Cikande tengah ini.

 

Visi dan Misi PT. Sarana Catur Tirta Kelola

 

Visi

  • Menjadi salah satu Perusahaan yang terbaik di bidang pelayanan air minum melalui pengelolaan yang berwawasan lingkungan

 

Misi

  • Memberikan kepuasan pelayanan air minum secara berkesinambungan kepada masyarakat industri sesuai standar yang ada dan berperan sebagai penunjang ekonomi daerah serta meningkatkan sumber daya manusia secara maksimal.

 

Adapun penjabaran misi PT SCTK adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan sistem pelayanan air minum yang unggul berkesinambungan memenuhi mutu yang berlaku untuk menjamin tercapainya kepuasan pelayanan kepada pelanggan.
  2. Mengembangkan bidang usaha sistem pelayanan air minum yang efisien, efektif dan tepat guna sehingga produk dan kinerja yang dihasilkan dapat dipasarkan dalam jangkauan pelanggannya.
  3. Mewujudkan penyelenggaraan perusahaan yang dapat menunjang ekonomi daerah secara maksimal.
  4. Menyelesaikan aspek teknik, aspek manajemen dan aspek kewirausahaan dalam penyelenggaraan sistem pelayanan yang berorientasi pada manfaat dan perlindungan sumber daya lingkungan.
  5. Mengembangkan penelitian dan kegiatan inovatif serta peningkatan SDM yang dapat menopang tuntutan pertumbuhan kebutuhan perusahaan dan pembangunan nasional pada umumnya.